Friday, September 21, 2012

Nebula Orion : Pandangan Dari Hubble

Nebula Orion : Pandangan Dari Hubble

Beberapa pemandangan kosmik dapat merangsang imajinasi, seperti Nebula Orion. Juga dikenal sebagai M42, gas nebula yang bercahaya mengelilingi bintang muda panas di tepi sebuah awan molekul antar bintang yang sangat besar yang hanya 1.500 tahun cahaya jauhnya.

Nebula Orion menawarkan salah satu peluang terbaik untuk mempelajari bagaimana bintang lahir, tidak hanya karena nebula tersebut adalah kawasan pembentukan bintang besar yang terdekat, tetapi juga karena bintang energik di nebula tersebut telah meledak menghasilkan awan gas dan debu yang diuperkirakan akan memblokir pandangan kita – selain itu menyediakan tampilan intim di berbagai tahap berkelanjutan kelahiran dan evolusi bintang.

Gambar rinci Nebula Orion di atas adalah yang paling tajam, disusun dengan menggunakan data dari Advanced Camera for Surveys yang ada di Hubble Space Telescope dan teleskop 2,2 meter di Observatorium Eropa Selatan di La Silla. Mosaik ini berisi 1 miliar piksel pada resolusi penuh dan mengungkapkan sekitar 3.000 bintang.