Thursday, September 20, 2012

Galaksi Spiral NGC 4038 Dalam Sebuah Tabrakan


Galaksi Spiral NGC 4038 Dalam Sebuah Tabrakan
galaksi NGC 4039 Dalam Sebuah Tabrakan

Galaksi ini memiliki milenium yang buruk. Kenyataannya, pada 100 juta tahun terakhir tidak begitu baik, dan mungkin beberapa miliar tahun berikutnya atau lebih akan sangat penuh gejolak. Terlihat di kiri atas, galaksi spiral NGC 4038 awalnya adalah sebuah galaksi spiral normal, sampai NGC 4039, ke arah kanan, bertabrakan dengannya. Puing-puing berkembang, yang terkenal sebagai Antennae, digambarkan di atas.

Ketika gravitasi merestrukturisasi tiap galaksi, awan gas menghantam ke satu sama lain, simpul biru terang dari pembentukan bintang, bintang-bintang besar terbentuk dan meledak, dan filamen coklat debu bertebaran. Pada akhirnya kedua galaksi akan berkumpul menjadi satu galaksi spiral yang lebih besar.

Tabrakan seperti itu bukan hal aneh, dan bahkan Galaksi Bima Sakti kita sendiri telah mengalami beberapa kali di masa lalu dan diperkirakan akan bertabrakan dengan tetanggal kita Galaksi Andromeda dalam beberapa miliar tahun kedepan. Frame yang membentuk gambar ini diambil dari teleskop ruang angkasa Hubble yang mengorbit, oleh para astronom profesional untuk lebih memahami tabrakan-tabrakan galaksi. Frame ini – dan banyak gambar ruang angkasa dari Hubble lainnya – karena telah dibuat publik, memungkinkan seorang amatir yang tertarik untuk mengunduhnya dan mengolahnya menjadi visual komposit yang menakjubkan ini.