Wednesday, September 5, 2012

Buku Ini Kembali ke Perpustakaan Setelah Dipinjam Selama 78 Tahun



Jika anda meminjam buku di perpustakaan pastikan untuk mengembalikannya karena bisa jadi benda itu memiliki nilai sejarah. Harlean Hoffman Vision pun memastikan dirinya tidak masuk penjara jika mengembalikan buku "The Picture of Dorian Gray" ke Perpustakaan Umum Chicago. Pasalnya, buku itu belum dikembalikan selama 78 tahun.

Harlean sangat takut dihukum karena buku itu merupakan edisi terbatas karya Oscar Wilde. Ia menemukannya diantara barang-barang milik mendiang ibunya, dengan lapisan bertuliskan Chicago Public Library. Rupanya sang ibu meminjam buku itu pada 1934.

Pihak perpustakaan sedang mengadakan program amnesti selama tiga minggu untuk buku-buku yang terlambat dikembalikan. Harlean pun menggunakan kesempatan langka itu untuk mengembalikan buku. Akhirnya "The Picture of Dorian Gray" kembali ke perpustakaan pada Kamis, 30 Agustus.

"Dia terus berkata 'Anda tidak akan menangkap saya kan?'" kata Direktur Pemasaran Perpustakaan Ruth Lednicer. "Kami pun berkata 'Tidak, kami sangat senang Anda mengembalikannya'."

Wanita asal Chicago, Illinois, ini tidak tahu pihak perpustakaan mendenda USD 10 (Rp 95 ribu) per hari. Tanpa amnesti dan lapisan maka denda yang harus dibayarkan Harlean adalah USD 6 ribu (Rp 57 juta). Sedangkan program amnesti terakhir kali diselenggarakan 20 tahun lalu yang berhasil mendapatkan lagi 77 ribu barang.