Tuesday, September 18, 2012

Disangka UFO, Ternyata Refleksi Jendela ISS


Penampakan diduga UFO di bawah kurva Bumi
Penampakan diduga UFO di bawah kurva Bumi
VIVAnews -- Sebuah video penampakan diduga kapal induk UFO diunggah di situs video sharing YouTube pada 11 September 2012. Pengunggahnya, danielofdoriaa mengaku mendapatkan gambar tersebut dari tayangan siaran langsung dari Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

"Kapal induk" UFO digambarkan sebagai obyek memanjang dengan titik-titik putih yang berbaris rapi, membelakangi angkasa yang gelap, tepat di bawah kurva bumi.

Kelihatannya memang menakjubkan, namun ahli UFO sekaligus analis foto dan video Mutual UFO Network (MUFON), Marc D'Antonio tak mendukung anggapan itu. Ia yang telah menganalisis ribuan video dan foto ISS diduga UFO, punya pendapat lain. Menurut dia, tanda putih samar dalam video tersebut adalah pemandangan biasa: refleksi dari jendela ISS.

Pada dasarnya jika Anda melihat ke sebuah obyek, jika ada jendela di antara Anda dan obyek tersebut, jendela itu adalah tersangka. Yang harus Anda lakukan untuk mengidentifikasi obyek tersebut adalah dengan menghilangkan refleksinya," kaya D'Antonio kepada situs sains Life's Little Mysteries.

Dari pengalamannya, video itu bahkan tak masuk seleksi tahap awal untuk masuk kategori diduga UFO. Obyek tersebut berada dalam pesawat luar angkasa (ISS) yang berbeda fokus dengan bumi. Ia menjelaskan, kamera yang disetel untuk fokus pada jarak maksimum akan menangkap Bumi dan benda jauh lainnya di bidang fokus yang sama. Bahwa benda yang direfleksikan jendela dengan bumi nampak sebagai dua obyek yang berdekatan.
Kedua, fakta bahwa baik kru ISS maupun pusat kontrol di bumi tak ribut-ribut atau membunyikan alarm adalah bahwa mereka telah melihat hal seperti ini sebelumnya. Selain itu, penggunaan kamera cahaya rendah yang diposisikan beberapa inci dari jendela dapat menangkap refleksi paling halus di jendela.

Meski meyakini, UFO telah mengunjungi bumi, D'Antonio tak lantas membenarkan apapun yang mendukung keyakinannya. Menurut dia, penting untuk mengeyampingkan hal-hal yang tak nyata. "Kita biarkan ET (mahluk ekstraterresterial) menciptakan sesuatu yang nyata bagi kita," kata dia. "Aku bukan seorang yang suka menyalahkan, aku hanya sangat keras pada data."



Sumber: LiveScience,